Wednesday 10 June 2015

Perempuan di Dalam Cermin

Malam ini aku harus pergi tidur lebih cepat.
Karena aku tak suka bertemu perempuan itu di dalam cermin saat pagi hari.
Aku harus tidur lebih awal agar bangun lebih awal dan kemungkinan tak perlu bertemu perempuan itu.

Aku harus menghentikan pekerjaan tambahan ini. Memiliki rutinitas baru akhir-akhir ini banyak menyita waktu istirahatku. Aku menjadi penyelidik. Pekerjaan baru yang melelahkan meskipun hanya sampingan.
Aku menyelidiki banyak hal. Tentang perempuan itu.
Kenapa ia selalu terlihat seperti itu di dalam cermin. Juga ada beberapa pertanyaan dasar..
Seperti berapa jam perempuan ini tidur setiap hari?
Apa saja yang ia makan?
Berapa banyak kalori yang masuk dan keluar
Apa saja yang ia minum?
Apa saja yang ia katakan dan kepada siapa?
Berapa banyak yang ia baca
Berapa banyak waktu ia habiskan untuk menonton
Dan apa saja yang ia pikirkan dalam sehari sebelum akhirnya tertidur
Aku suka menulis. Aku mulai menulis semua yang kuketahui tentangnya.

Aku mulai mencatat
Dan aku tak suka saat membacanya ulang
Perempuan di dalam cermin tak suka diamati
Ia tak suka penampilannya
Lingkar hitam di bawah matanya terlalu lebar
Krim mata yang harganya kemahalan itu pun tak mampu berbuat banyak.
Ia bosan
Dan bosan berusaha adalah bahaya yang tampak tak berbahaya
Seperti musuh dalam selimut
Belum terlihat tapi sudah bisa menyakitimu pelan sedikit demi sedikit

Aku harus membantunya
Dengan pergi tidur lebih cepat
Dengan segala cara termasuk memaksakan diri tidur
Perempuan itu akan tahu ia sudah berhenti diamati hari ini
Dan ia juga akan beristirahat
Aku lelah melihat perempuan di dalam cermin
Aku harus membuatnya berhenti membawa kantung hitam di bawah matanya ke mana-mana.
Aku harus membantunya
Dan tidur lebih awal akan membuatnya memiliki banyak kelegaan perasaan setidaknya ia bebas dari pengamatan.
Siapa tahu suatu waktu nanti kami bisa berteman.
Aku dan perempuan di dalam cermin itu, akan tidur lebih cepat dan tak peduli akan omongan mereka yang pura-pura memperhatikan.

10 Jun 15
(L)

No comments: